Menyambut ramadhan
Gambar dari https://pixabay.com/photos/quran-ramadhan-ramadan-muslim-4178711/

Menyambut ramadhan

Menyambut ramadhan adalah hal yang lumrah dilakukan oleh seorang muslim. Tidak terasa beberapa hari menjelang ramadhan akan tiba. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan atau diperhatikan dalam menyambut ramadhan. berikut saya kutipkan bagaimana cara menyambut ramadhan

Menyambut Ramadhan
Gambar dari https://pixabay.com/photos/quran-ramadhan-ramadan-muslim-4178711/

DIANTARA CARA MENYAMBUT BULAN RAMADHAN

عن أبي هريرة – رضي الله عنه – قال : قال رسول الله – صلى الله عليه و سلم – : ” لا تقدموا رمضان بصوم يوم أو يومين إلا رجل كان يصوم صوما فليصمه !”
رواه مسلم في كتاب الصيام ( 21 ) …

Dari sahabat Abu Huroriroh radhiyallohu anhu berkata : Rosululloh – sholallahu alaihi wa sallam – bersabda :
” Jangan kalian berpuasa sebelum bulan Ramadan satu hari atau dua hari [ pent- untuk menyambut bulan Ramadan ] kecuali seorang yang terbiasa puasa maka berpuasalah! ”
Riwayat Muslim di dalam kitab Puasa, no 21.

Asy syaikh Abdullah Alu Basam – rahimallohullah – berkata :
” Allah subhanahu wa ta’ala ingin membedakan antara ibadah dengan adat dan antara ibadah yang wajib dengan sunnah agar ada perbedaan antara satu dengan yang lainnya. ”

Beliau melanjutkan :
” Oleh karena itu, Nabi melarang berpuasa satu hari, dua hari, atau semisalnya sebelum Bulan Ramadhan dalam rangka mempersiapkan diri untuk berpuasa di bulan Ramadhan. Kecuali orang yang memiliki kebiasaan berpuasa seperti puasa hari kamis, hari senin, mengqadha ( puasa ramadhan tahun lalu ) karena waktu yang sempit, atau nadzar yang wajib ditunaikan maka berpuasalah karena hal tersebut memiliki sebab. berbeda halnya dengan puasa sunnah mutlak. Paling tidak hukumnya makruh. ”

Dinukilkan dari kitab TAISIRUL ALAM SYARAH UMDATUL AHKAM, hal. 215\01

sumber

Erwin Prasetyo

Senior UI Designer , WordPress Expert & UI/UX Curator from Indonesia.

Leave a Reply